February 27, 2011

Susu Kacang Kedelai

Dibuat dari kacang kedelai dan merupakan sumber protein nabati terbaik, ini lah susu kedelai. Susu kedelai, baru saja gue minum, gratis pulaa. (ehm gak nyambung yah hahaha) Pduli amat de, pokonya enak aja.

Disini, ditempat kelahiran gue , susu kedelai biasanya yang jual tukang tahu atau biasanya yang suka jualan bakpao di tempat-tempat yang sering disinggahi oleh orang2 etnis tionghua. Gak tau kenapa, tapi mungkin ini karena kebiasaan orang-orang cina di RRC sana pagi-pagi duduk didepan kopi-tiam (toko kopi) yang menyediakan aneka macam makanan. Diantaranya cakue, xiao long pao, siomay, kue sabun, dan lain-lain sebagainya tapi tentunya yang pasti susu kacangnya dong. Ada satu lagi kebiasaan yang jarang dijumpai di Indonesia, yaitu makan cakue dicelup dengan susu kacang, ntah mengapa mungkin karena jauh dari tempat aslinya maka kebudayaan makan seperti ini pun berubah, nenek gua dulu hobi nya makan cakue sama kopi, nah mirip kan, tapi anak dan cucu-cucu nya gak ada yang punya kebiasaan sejenis haha.

Iya tapi smua gak penting ah, yg gw mo ceritain bukan itu... halah gw sudah nyasar kemana-mana yak hahaha. tapi anyway susu kacang disini jualnya pake kantong-kantong plastik gitu, kek orang jual jajanan limun saat jaman SD. Resenya klo iket gak kenceng tu susu bisa bleber kemana-mana, bingung yah dah diiket tpp aja bisa keluar, apa partikelnya jadi lebih halus dari aer? atau susu kacang bisa merambat? hahaha. Ah yang penting saya sudah kenyang. Dan jangan lupa minum susu kacang selalo, klo bisa makan sama cakue juga , itung-itung melestarikan budaya =p~, tp katanya susu kacang itu bersifat panas, just take it appropriately aja de ^^b. 

Happy sunday!

No comments: